Gula karamel adalah gula putih yang dipanaskan di titik didih 160 derajat Celcius. Sehingga molekul gulanya terpecah dan berubah menjadi cair teksturnya. Memiliki warna coklat keemasan. Kegunaan dari caramel tergantung dari makanan yang akan diolah, menggunakan gula karamel tersebut. Agar lebih memahami dan lebih jelas kegunaannya. Berikut ini uraian kegunaan gula karamel pada makanan. Antara lain:

1. Sirup

Olahan makanan biasanya menggunakan gula karamel yang dijadikan sirup. Untuk campuran minuman atau disiram diatas cake. Kegunaan dari gula karamel untuk sirup makanan atau minuman lebih banyak digunakan oleh masyarakat. Contoh minuman yang digunakan memakai sirup adalah es oyen.

2. Filling

Filling atau isian pada makanan merupakan kegunaan lain dari gula karamel. Isian bisa diterapkan pada olahan makanan saat masih adonan. Ataupun pada makanan yang sudah matang.

3. Topping

Olahan makanan seperti brownies menggunakan gula karamel dengan dijadikan topping. Sebut saja olahan makanan seperti brownies, yang menggunakan topping gula karamel diatasnya sebagai topping.

4. Permen

Olahan makanan lainnya yang menggunakan gula karamel adalah permen. Yang dibuat dari gula karamel yang didinginkan. Ada pula yang divariasikan dengan cokelat. Jadi cokelat tersebut dicelupkan pada gula karamel hangat yang akan mendingin

5. Pralin

Pada bagian ini menunjukkan kegunaan caramel, yang dijadikan lapisan pada olahan makan camilan. Dengan menggunakan karamel leleh, yang dicampur dengan kacang atau makanan lain sesuai selera.

Itulah beberapa kegunaan dari gula caramel. Dapat dijadikan sirup hingga topping pada olahan makanan. Bagi kamu yang sedang merencanakan ide makanan olahan dengan menggunakan gula caramel. Beberapa hal tersebut bisa dijadikan referensi. Pembuatan gula karamel pastikan dipanaskan pada wadah dengan lapisan anti lengket. Seperti teflon ini bertujuan agar ketika suhu sudah tidak panas. Tidak akan lengket di wadah. Selain itu juga bertujuan agar gula putih yang diolah, berguna seutuhnya tidak ada yang tertinggal di wadah. Atau bahkan sampai terbuang sisanya. Mengingat gula putih sebagai bahan dasar gula karamel harganya cukup mahal. Khususnya jika gula putih yang menggunakan bahan dasar tebu murni. Tanpa ada campuran apapun.